Kuliner Khas Solo Yang Selalu Menjadi Legenda


Jika Anda adalah seseorang yang sangat hoby kuliner, maka kota Solo adalah salah satu kota yang seharusnya sebagai salah satu tempat yang pantas Anda kunjungi. Kota yang pantas  disebut sebagai tempat surganya para kuliner ini mampu menghipnotis Anda untuk segera ingin memanjakan lidah Anda. Penyajian kuliner dengan cita rasa khas dan eksotis klasik yang jarang sekali Anda jumpai di tempat lain. Sehingga terasa ada yang kurang jika Anda termasuk golongan penyuka kuliner belum menginjakkan kaki di kota ini.

Dengan berbagai jenis makanan berat, menengah, dan jajanan ringan yang terbaik disudut kota ini akan di jelaskan secara detail nantinya di setiap pos-pos yang akan kami sajikan selanjutnya. Sehingga akan menambah wawasan anda tentang nikmatnya wisata kuliner di kota solo ini. Disaat Anda akan mengunjungi kota tercinta ini maka akan lebih mengerti gambaran jenis makan apa yang terkenal nikmat disini yang anda coba.

Di halaman awal dari nikmatnya kuliner solo ini akan kami berikan gambaran secara garis besar sebagai perkenalan dengan anda yang ingin mengenali kuliner khas kota solo ini. mari kita simak beberapa jenis kuliner andalan di kota solo.

Inilah Legenda Kuliner Khas Solo

1. Nasi Liwet

kuliner nasi liwet

Nasi Liwet merupakan sejenis makanan dari Solo yang sangat khas sekali. Dimana jenis makanan ini mempunyai karakter yang sangat kental sekali dengan kota solo. Nasi liwet ini biasanya dijadikan menu sarapan dengan tambahan sayur dan lauk ayam kampung yang telah dimasak.

Nasi Liwet kini dengan Seiring berjalannya waktu, tidak hanya dinikmati untuk sarapan pagi saja tetapi juga sering dinikmati pada malam hari. biasanya untuk malam hari mulai buka warung nasi liwet pada pukul 8 malam sampai pada jam 3 pagi. 

Beras yang dimasak dengan santan dan kaldu ayam sehingga memberikan rasa gurih dan nikmat. Disamping itu disajikan dengan sayur yang terdiri dari irisan labu siam yang memiliki rasa gurih dan sedikit pedas, telur pindang rebus, daging ayam suwir serta kumut atau areh yakni kuah santan yang dikentalkan. Nasi liwet disajikan dengan daun pisang yang dibentuk pincuk, sehingga benar-benar menciptakan khas tradisionalnya.

2. Timlo Solo

Kuliner timlo solo
 

Bila anda ingin menikmati sajian makanan khas solo lainnya yang berkuah, maka Timlo Solo merupakan pilihan yang tepat untuk anda coba dan nikmati. Timlo solo merupakan hidangan berkuah bening yang disajikan dengan berbagai isian yang unik. Berbagai masam isian tersebut seperti potongan sosis ayam yang terbuat dari tepung yang digoreng berbentuk seperti lumpia yang berisikan daging ayam giling, potongan telur ayam pindang, potongan jamur, irisan hati dan ampela ayam. Hidangan Timlo Solo ini disajikan terpisah dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng.

Biasanya Timlo Solo dihidangkan untuk menu makan siang. Sehingga sangat cocok sekali untuk anda yang ingin menikmati makanan berkuah yang khas dari kota solo. Tempat penjual Timlo Solo ini ada di berbagai tempat dengan cita rasa yang berbeda-beda dan harga yang berbeda pula. Anda bisa menyesuaikannya dengan kantong anda.

3. Tengkleng

kuliner tengkleng solo
 

Jenis makanan ini merupakan jenis makanan berat yang biasanya di nikmati pada siang hari. Makanan ini hanya ada di kota solo dan sangat melegenda sekali di sini. Tengkleng merupakan hidangan berkuah semacam gulai kambing yang kuahnya memakai santan yang sangat encer. Bahan masakan tengkleng adalah tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel. Biasanya tulang kambing yang di ambil yaitu bagian kepala, bagian kaki dan iga.


Tengkeng dimasak dengan berbagai bumbu rempah yang sangat menggoda selera. Kenikmatan yang membuat kecanduan menyantap makanan ini adalah ketika kita menggerogoti lembutnya daging yang menempel pada tulang dan menghisap sumsum dari dalam tulang tersebut.

Banyak sekali yang warung makan yang menyajikan hidangan ini. Dengan ciri khas rasa yang berbeda membuat beberapa warung makan yang menyajikan masakan tengkleng ramai di datangi pengunjung.

4. Selat Solo

 
kuliner selat solo

Jenis makanan berkuah lainnya yang merupakan kuliner khas solo yang banyak di gemari adalah selat solo. Hidangan ini merupakan bentuk percampuran makanan dari barat dengan selera lidah lokal yang sesuai dengan selera khas orang solo.

Racikan makanan tersebut terdiri dari daun salad, irisan daging sapi, rebusan buncis, kentang, wortel, telur pindang, dan mayonaise yang disiram dengan kuah kaldu yang sebelumnya dibumbui dengan beberapa jenis bumbu dan kecap.

Ada beberapa warung makan yang menyediakan hidangan selat solo yang sudah terkenal dengan rasanya.

Beberapa jenis makanan yang kami jelaskan diatas merupakan sebagian kecil dari makanan khas solo yang pantas untuk anda nikmati. Simak juga wisata kuliner banjarmasin yang sudah dijelaskan di artikel lainnya. Semoga informasi ini dapat memberikan gambaran secara garis besarnya kepada anda yang menyukai kuliner.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

0 Response to "Kuliner Khas Solo Yang Selalu Menjadi Legenda"

Post a Comment