Tempat Wisata Sekitar Solo Yang Menarik

Tempat Wisata Sekitar Solo Yang Menarik - Sebelumnya kita telah membahas tentang wisata kuliner yang sangat menarik utnuk di kunjungi di kota solo. Beberapa hal yang menarik lainnya tentang traveling juga akan kita bahas di artikel ini tentang tempat wisata di kota solo yang unik dan menarik untuk Anda ketahui.  Banyak sekali tempat wisata di indonesia yang dapat mengundang rasa penasaran untuk Anda kunjungi. Beberapa diantaranya tempat wisata yang mempunyai khas budaya daerah yang bertempat di jawa tengah adalah kota Solo. Nama kota solo yang terkenal dengan lagu bengawan solo yang di ciptakan oleh sang maestro yang bernama Gesang tersebut, mempunyai beberapa tempat wisata yang cukup unik dan menarik untuk Anda kunjungi.

Di kota solo ini Anda dapat menemukan beragam destinasi keindahan wisata. Terutama bagi Anda yang begitu tertantang untuk menikmati wisata dengan berburu candi bersejarah. Juga terutama bagi Anda yang menyukai tempat wisata alam yang natural dapat menjelajah ke sebuah hutan yang mempunyai air terjun yang tersembunyi di dalamnya.

Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa tempat wisata sekitar Solo tersebut. Beberapa informasi di bawah ini yang akan membuat Anda penasaran untuk datang dan membuktikannya sendiri bagaimana keindahan alam dan tempat bersejarah yang unik dan wajib untuk Anda kunjungi.

Wisata sekitar solo yang menarik dikunjungi 


Candi Sukuh


wisata sekitar solo di candi sukuh
Candi sukuh 
Keunikan tempat wisata candi sukuh tersebut adalah lokasi letak candi sukuh berada di tempat sekitar pegunungan yang sangat tinggi. Menurut sejarah candi sukuh ini di bangun di abad 15, tempat yang berada di sekitar gunung Lawu ini mempunyai ketinggian sekitar 1.200 meter dari permukaan laut. Di lokasi tersebut mempunyai suasana yang sejuk dan sangat nikmat sekali untuk menikmati pemandangan sekitar yang indah.

Candi bersejarah ini memiliki bentuk punden berundak yang unik. Bahkan jika Anda lihat bentuknya sangat mirip dengan suatu bangunan suku Inca atau seperti piramida di mesir. Para pengunjung dapat naik di atas candi yang konon dahulu di pergunakan untuk ritual persembahan. 

Keunikan yang lebih menarik lagi yang menjadi cirri khas candi sukuh ini adalah beberapa relief patung yang terdapat di sekitar lokasi candi ini mempunyai bentuk organ kelamin pria dan wanita. Penduduk sekitar menamai relief yang berbentuk alat kelamin tersebut sebagai yoni dan lingga. Kedua symbol tersebut memang sangat dianggap sebagai symbol keberuntungan bagi penduduk sekitar di masa lalu.

Candi Cetho

wisata sekitar solo

Di sebelah barat lereng gunung lawu masih di daerah wisata sekitar Solo, Anda akan menemukan sebuah candi yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi dan mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Candi cetho berlokasi di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, provinsi Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi hindu peninggalan dari kerajaan Majapahit.

Menurut catatan sejarah tentang candi cetho ini dibuat pada abad 15, ketika pada saat itu kerajaan Majapahit dalam masa kerusuhan. Karena tujuan dibangunnya candi ini sebagai tempat ritual ruwatan dan ritual lainnya, yang dipercaya untuk menangkal segala hal-hal buruk yang terjadi di kerajaan Majapahit.

Lokasi candi cehto ini lumayan dekat dengan candi sukuh, jarak antara kedua candi tersebut sekitar 4 km. Bila Anda dari kota Solo, maka akan menempuh waktu perjalanan sekitar hampir 2 jam untuk sampai di lokasi candi cetho ini.

Air Terjun Grojogan Sewu

wisata sekitar solo di grojogan sewu

Salah satu wisata sekitar solo yang bertempat di Karanganyar adalah Grojogan Sewu. Tempat wisata air terjun ini berada di kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, di Jawa Tengah. Selain keindahan air terjun Grojogan Sewu, suasana pohon yang sudah berumur puluhan tahun juga menghiasi fenomena alam di lokasi air terjun tersebut.

Disekitar air terjun tersebut, juga masih banyak monyet liar yang berkeliaran. Sehingga semakin menambah keaslian suasana wisata alam yang dirasakan. Bila Anda berkunjung wisata ini, juga akan di tawarkan berbagai kuliner yang terkenal di daerah tempat wisata ini. Seperti  Sop Buntut Bu ugie, Sate Kelinci, , dan sate Ayam yang memang sangat  khas daerah tawangmangu Karanganyar.

Akses jalan menuju ke lokasi tempat wisata grojogan sewu ini sangatlah mudah. Karena jalan menuju lokasi ini sudah beraspal semua. Jadi jika Anda berkunjung menggunakan mobil atau motor pun sangat mudah sekali menuju ke tempat wisata ini.

Museum Purbakala Sangiran


Tempat wisata sekitar solo di museum sangiran
Museum Sangiran
Nah tempat wisata ini sangat menarik sekali bagi Anda yang menyukai berbagai hal tentang purbakala. Tempat wisata ini merupakan referensi untuk Anda untuk mendalami tentang fosil purbakala yang ditemukan di tempat tersebut. Di museum daerah sangiran ini banyak sekali di temukan fosil-fosil manusia purba dan juga hewan purba yang pernah hidup di masa lalu. Banyak sekali temuan jaman purbakala yang di pajang di setiap sudut lokasi di museum tersebut.

Sebuah nilai pendidikan yang sangat tinggi bisa Anda temukan di museum ini. Bahkan di ketahui pernah ada yang menyebut museum yang berda di sangiran ini merupakan museum fosil purbakala yang terlengkap di kawasan asia. Tempat wisata yang unik ini dapat menambah wawasan Anda untuk memahami dan mempelajari perkembangan yang terjadi di zaman purba.

Air Terjun Jumog


Tempat wisata sekitar solo di air terjun jumog
Air Terjun Jumog
Tempat wisata air terjun yang unik dan terbaik ini berada sekitar 40 km dari kota solo. Keunikan tempat wisata ini Anda dapat menemukan air terjun yang begitu indah yang kanan dan kirinya di apit oleh hutan yang sangat lebat. Jalan akses untuk dapat sampai di lokasi tempat wisata ini terbilang cukup susah. Karena pengunjung harus naik beberapa kali angkutan umum yang dari solo ke tawangmangu lalu di lanjutkan ke arah ngargoyoso dan berakhir di lokasi karangpandan. Setelah itu baru bisa naik ojek untuk dapat melalui hutan yang sangat rimbun dan akhirnya sampai di lokasi masuk air terjun Jumog tersebut.

Karena lokasi tersebut yang sangat sulit akses masuknya tersebut, membuat air terjun Jumog sampai saat ini masih begitu perawan dan sangat indah bila anda nikmati. Suasana sekitar yang masih berbentuk hutan lebat ini dan hawa sejuk yang begitu terasa nikmat untuk dirasakan membuat Anda menjadi betah berlama-lama di tempat tersebut.

Baca juga kuliner khas Solo yang selalu menjadi legenda

Ketiga tempat wisata sekitar Solo yang menarik berada di sekitar kota solo. Tempat wisata di kota solo yang unik tersebut masih sangat jarang sekali di kunjungi banyak orang. Mungkin di karenakan akses jalan yang begitu rumit dan lokasi yang berada di tempat terpencil. Semoga beberapa penjelasan di atas dapat menambah wawasan Anda dan memancing jiwa traveling Anda untuk datang dan membuktikan sendiri keindahan yang elok tersebut di kota solo. 

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

2 Responses to "Tempat Wisata Sekitar Solo Yang Menarik"

Cumilebay MazToro said...

Eh candi sukuh bukan nya udah masuk karang anyar yaaa ?? jadi masih 2- 3 jam dari solo kan yaaa

Karisma Ardi said...

Memang masuk kabupaten karanganyar tapi cuma 1 jam perjalanan aja. tetapi terkenalnya dengan nama tempat wisata di solo. :)

Post a Comment