Wisata Kuliner Banjarmasin dengan Ikan Sungai yang Mahal

Kali ini jelajah traveling dan kuliner akan membahas tentang wisata kuliner banjarmasin yang sangat terkenal dengan ikan air tawarnya. Berbagai wisata kuliner Banjarmasin memang banyak di gemari oleh para penikmat kuliner. Pastinya untuk kalangan pecinta kuliner masakan khas banjar akan terpancing seleranya setelah mendengan nama ikan ini. 

Jenis ikan ini menjadi suatu ikon yang sangat terkenal di masyarakat sekitar Banjarmasin. Karena rasanya yang gurih dan manis ini ternyata juga sangat banyak di temui di banyak sungai air tawar yang berada di Banjarmasin. Anda pasti sudah penasaran bukan? Nama ikan tersebut adalah ikan Papuyu.

Jenis ikan ini sangat cocok sekali hidup di perairan sekitar sungai di Kalimantan Selatan. Terlebih lagi khususnya di lokasi persawahan yang berada di kecamatan Gambut. Harga pasaran ikan tersebut di Banjarmasin sekitar Rp.140.000,- perkilo nya untuk standart harga restoran. 

Ikan ini begitu mahal di Banjarmasin di karenakan jenis ikan tersebut hidup bebas di perairan sungai dan belum banyak yang dapat memelihara atau mengembang biakkan ikan jenis ini di Banjarmasin. Sehingga pemasok ikan ini di pasar hanya kebanyakan berasal dari para pemancing bebas dan bukan dari peternak ikan papuyu.

Beberapa kenikmatan ikan ini bila di masak dengan khas masakan Banjar membuat Anda ingin segera mencicipi kuliner khas banjar tersebut. Mari kita simak apa saja masakan khas banjar yang cocok untuk menu masakan ikan jenis papuyu ini.

Masakan Papuyu Baubar

wisata kuliner banjarmasin
papuyu baubar
Masakan khas banjar ini mempunyai kata Baubar yang diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu di bakar. Jadi bila di artikan kata dari papuyu baubar yaitu masakan yang berbahan utama ikan papuyu yang di bakar dengan resep khas Kalimantan Selatan. Dengan bumbu dasar seperti asam jawa, garam, bawang putih, dan minyak goreng untuk olesan bakaran sudah menjadikan masakan ini sangat nikmat sekali untuk dinikmati.

Masakan ikan samu papuyu


wisata kuliner banjarmasin ikan samu papuyu
Ikan Samu Papuyu
Salah satu masakan yang cukup terkenal yang berbahan utama ikan papuyu adalan ikan samu papuyu. Nama ikan samu mempunyai arti ikan yang sudah di awetkan melalui cara pengasinan. Tentunya ikan yang di awetkan secara di asinkan tersebut adalah ikan papuyu. 

Beberapa bahan untuk pengawetan ikan tersebut seperti garam serta beras yang sudah di sangrai dan di tumbuk lalu di balutkan di ikan tersebut untuk dapat disimpan sampai beberapa hari.  Bumbu lainnya untuk memasak ikan tersebut seperti cabai merah, bawang merah, dan bawang putih untuk menumis ikan papuyu yang sudah di awetkan dan di goreng matang.

Masakan ikan papuyu goreng siram sambal mantah


wisata kuliner banjarmasin papuyu goreng siram sambal mantah
ikan papuyu goreng siram sambal mantah
Ikan papuyu yang di goreng kering dan di siram dengan racikan tumisan bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit hijau, cabe rawit merah, daun jeruk dan terasi tersebut juga sangat menggugah selera. Apalagi setelah masakan matang di campur dengan daun kemangi dan jeruk sambal yang segar benar-benar melengkapi masakan papuyu tersebut.

Itulah beberapa masakan ikan papuyu yang merupakan jenis ikan yang mahal di kota Banjarmasin. Rasa khas daging ikan papuyu yang manis dan gurih ini memang menjadi makanan favorit di kota Banjarmasin. Kota Banjarmasin yang disebut juga kota seribu sungai ini memang sangat terkenal dengan berbagai jenis ikan air tawar yang berlimpah.

Beberapa ikan yang banyak dinikmati selain papuyu pun banyak di temukan disini. Seperti ikan patin, ikan haruan (ikan gabus), dan banyak ikan lainnya yang banyak di sajikan untuk wisata kuliner banjarmasin yang khas di kota tersebut. Semoga artikel ini menjadikan wawasan untuk Anda yang memiliki kesukaan dalam wisata kuliner. Simak juga artikel sebelumnya yang berjudul kuliner khas solo yang nikmat untuk menambah wawasan kuliner di kota solo tersebut.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

2 Responses to "Wisata Kuliner Banjarmasin dengan Ikan Sungai yang Mahal"

Cumilebay MazToro said...

Sambal matah nya beda bentuk yaa :-)

Karisma Ardi said...

Sambal mentah kalau di bahasa banjar namanya sambal mantah. jadi bukan sambal mentah. hehe

Post a Comment